Atik Dhama

berbagi pengalaman

PowerPoint Presentasi Tip & Trik

Tips Presentasi Powerpoint

dari Eko Purwanto – Jumat, 26 November 2010, 01:06

Untuk membuat Presentasi Powerpoint anda menarik dan tujuannya mengena kepada audience, berikut ini saya sampaikan beberapa tips yang dapat anda lakukan.

  • Mudah dibaca

Presentasi yang baik adalah yang mudah dibaca, jadi pergunakan huruf yang mudah dibaca misal Arial, Calibri, Tahoma atau Times New Roman.

Selain itu pergunakan ukuran huruf yang cukup besar, jangan sampai audience kesulitan membaca karena huruf yang digunakan terlalu kecil.

  • Judul yang jelas pada setiap Slide

Pergunakanlah huruf tebal, ukuran yang besar, jelas dan mudah dibaca pada setiap judul slide Anda.

  • Background yang sederhana

Perhatikan background yang anda pergunakan pada setiap slide yang Anda buat. Jangan sampai kalimat yang ada tulis jadi tidak bisa terbaca dengan jelas, karena anda memakai background yang terlalu kontras.

  • Sertakan Gambar

Penggunaan gambar seperti grafik, foto dan diagram yang relevan dengan materi presentasi akan membantu anda untuk lebih menjelaskan tentang topik yang sedang anda presentasikan.

Selain itu dengan mempergunakan grafik atau diagram, akan sedikit menyegarkan suasana dan mengundang perhatian para audience

  • Tuliskan intinya saja

Tulislah hal-hal pokok atau penting saja yang ada hubungan dengan topik yang sedang Anda presentasikan.

Jangan menggunakan terlalu banyak kata atau kalimat dalam satu slide presentasi. Cukup Anda tulis judul atau garis besarnya saja.

  • Gunakan Animasi

Fasilitas Animasi yang disediakan Powerpoint dapat menjadi pembeda presentasi Anda dengan metode Presentasi Konvensional (Printout). Maksimalkan penggunaan animasi dalam menjelaskan materi.

Animasi dapat menarik perhatian audience dengan lebih baik dan dapat juga anda maksimalkan untuk menjelaskan sebuah proses secara berurutan dan jelas.

  • Nyambung

Penting diperhatikan, setiap slide yang anda buat satu sama lain saling berhubungan dan terkesan interaktif. Oleh karena itu gunakan Hyperlink dan Action Button sebaik mungkin.

  • Jangan terlalu banyak slide

Jangan membuat slide presentasi yang terlalu banyak untuk satu topik yang anda bahas. Buatlah Slide seefisien mungkin. Kalau topik yang anda bahas memang panjang, penjelasan secara lisan tentu lebih baik.

  • Berbicara yang jelas

Saat presentasi sedang berlangsung berbicara dengan jelas. Sehingga audience bisa memahami presentasi yang Anda sampaikan.  Kebanyakan audience beranggapan bahwa sebuah presentasi Powerpoint selalu kering dan membosankankan, dengan kreativitas Anda dan pembicaraan yang baik, anda bisa mengubah pandangan tersebut.

  • Beri kesempatan untuk bertanya

Kalau bisa, luangkan waktu untuk memberikan kesempatan kepada audience untuk bertanya tentang hal-hal yang tidak dimengerti dari presentasi yang Anda sampaikan. Dengan demikian suasana kelas akan menjadi lebih aktif.

  • Future Follow Up

Hal penting lainnya, adalah beri kesempatan kepada audience untuk bertanya di lain waktu mengenai topik presentasi  yang anda sampaikan. Jadi jangan segan-segan untuk mencantumkan e-mail, no. telepon atau website anda di akhir presentasi anda. Sehingga mereka bisa bertanya kapanpun juga.  Ini semua bisa menjadi nilai plus bagi anda.

sumber: www.GuruCerdas.net

3 COMMENTS

  1. Assl.. mas atik mungkin bisa diinformasikan tip2 untuk penggunaan power point yang terbaru, agar nanti dalam penerapan kemedia pengajaran selalu memberikan hal yang menarik bagi siswa, trims

  2. presentasi menggunakan power point memang memiliki banyak kelebihan,, terutama jika kita bisa lebih mengoptimalkan penggunaan ms power point, karena selama ini penggunaan power point dinilai kurang maximal,, padahal udah pke Ms Office 2007 semua kan?? hehe

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *