Atik Dhama

berbagi pengalaman

Administrasi KBM Kelas XI Kelas XII Silabus

Perangkat Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA Kelas XI dan Kelas XII Tahun Pelajaran 2011/2012

Perangkat Pembelajaran merupakan salah satu pedoman atau alat bantu persiapan pelaksanaan pembelajaran terhadap peserta didik. Di bawah ini adalah beberapa dokumen yang berhubungan dengan perangkat pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diampu oleh Atik Dhama Yosaniar untuk Kelas XI IPA dan XI IPS serta Kelas XII IPA. Walaupun tidak sempurna, namun setidaknya semoga menjadi acuan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Bagi teman guru seprofesi yang membutuhkan perangkat ini silakan download dan lakukan revisi jika terdapat hal yang tidak sesuai atau kurang tepat. Jika ada hal yang perlu didiskusikan penulis bisa dihubungi melalui email di [email protected] atau [email protected].

Perangkat Pembelajaran Kelas XI IPA/IPS Tahun Pelajaran 2011/2012:

  1. PROGRAM TAHUNAN TIK KELAS XI IPA/IPS 2011 2012
  2. PROGRAM SEMESTER TIK KELAS XI IPA/IPS 2011 2012
  3. KKM Kelas XI IPA/IPS 2011 2012
  4. SILABUS TIK KELAS XI IPA/IPS 2011 2012 Ganjil
  5. SILABUS TIK KELAS XI IPA/IPS 2011 2012 Genap
  6. RPP TIK KELAS XI IPA/IPS 2011 2012 Ganjil
  7. RPP TIK KELAS XI IPA/IPS 2011 2012 Genap

Perangkat Pembelajaran Kelas XII IPA Tahun Pelajaran 2011/2012:

  1. Analaisis / Pemetaan SK & KD
  2. PROGRAM TAHUNAN TIK KELAS XII 2011 2012
  3. PROGRAM SEMESTER TIK KELAS XII 2011 2012
  4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas XII 2011 2012
  5. SILABUS TIK KELAS XII 2011 2012 Ganjil
  6. SILABUS TIK KELAS XII 2011 2012 Genap
  7. RPP TIK KELAS XII 2011 2012

Semoga bermanfaat!

SILABUS

Sekolah : SMA NEGERI 3 KUNINGAN

Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester : XI IPA – IPS / Genap

Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi

Alokasi Waktu : 22 jam pelajaran (11 × pertemuan)

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran

2.1. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka

Mengenal program pengolah angka Microsoft Excel

· Memberikan contoh beberapa program pengolah angka yang populer.

· Menginformasikan tentang keunggulan Microsoft Excel.

· Memberikan contoh step by step. cara mengaktifkan Microsoft Excel.

· Membimbing siswa untuk mengaktifkan Microsoft Excel dan menonaktifkannya.

· Mendeskripsikan manfaat program pengolah angka.

· Mengaktifkan program pengolah angka.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet

Mengenal program pengolah angka Microsoft Excel

· Menjelaskan step by step tentang bagian-bagian dari lembar kerja Microsoft Excel.

· Menjelaskan beberapa menu dalam Microsoft Excel.

· Meminta siswa mengeksplorasi menu-menu lainnya dalam Microsoft Excel.

· Meminta siswa menampilkan menu utama yang ada dalam Microsoft Excel.

· Meminta siswa menunjukkan submenu-submenu yang ada di dalam menu utama.

· Memberi contoh seperlunya penggunaan menu-menu dalam Microsoft Excel, baik menu utama maupun submenu-submenunya.

· Menampilkan berbagai menu pada lembar kerja (worksheet) program Microsoft Excel.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

1 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran

· Guru menjelaskan pengertian tool menu atau ikon.

· Guru menunjukkan beberapa ikon atau tool menu.

· Guru mengajarkan beberapa cara penggunaan ikon, selebihnya siswa diminta mengeksplorasi sendiri.

· Menunjukkan berbagai macam ikon dan fungsinya.

Uraian dan praktik

1 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet

2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram

Bekerja dengan program pengolah angka Microsoft Excel

· Menjelaskan pengertian sel.

· Menjelaskan pengertian range.

· Meminta siswa menentukan sel posisi tertentu dan range posisi tertentu.

· Menjelaskan cara menambah sheet

· (worksheet).

· Menjelaskan cara mengganti nama worksheet.

· Menjelaskan cara menghapus worksheet

· Meminta siswa untuk memeragakan cara menambah worksheet, cara mengubah nama worksheet, dan cara menghapus worksheet.

· Menjelaskan pengertian sel dan range.

· Menambah dan mengganti nama sheet.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet

Bekerja dengan program pengolah angka Microsoft Excel

· Menjelaskan beberapa tombol-tombol penggerak pointer yang sangat membantu dalam pekerjaan dengan Microsoft Excel.

· Memeragakan beberapa tombol penggerak pointer dan menjelaskan fungsinya.

· Meminta siswa untuk mempraktikkan tombol-tombol yang lain dan memahami fungsinya.

· Memperlihatkan sebuah worksheet dan mengubah beberapa isinya.

· Mengidentifikasi tombol pengerak pointer.

· Membuat dokumen dengan program Microsoft Excel.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran

· Menunjukkan cara menyimpan lembar kerja, baik penyimpanan nama file baru maupun penyimpanan dengan nama file sama (yang sudah ada).

Bekerja dengan program pengolah angka Microsoft Excel

· Menjelaskan cara mengatur format tulisan dalam suatu sel atau range tertentu. Misalnya pengaturan huruf, ukuran huruf, style huruf tebal, miring, garis bawah, pengaturan alignment, maupun pemberian warna.

· Menjelaskan cara pemberian garis (border) pada tabel.

· Menjelaskan cara mengatur lebar kolom dengan beberapa cara.

· Menjelaskan cara mengatur tinggi baris dengan beberapa cara dan memperagakannya.

· Menjelaskan cara menyisipkan sel dan memeragakannya.

· Menjelaskan cara menghapus sel dan memeragakannya.

· Menjelaskan cara memerjer (menggabung) sel dan memeragakannya.

· Menjelaskan pengaturan format angka, waktu, dan border serta memeragakannya.

· Melakukan pengaturan dokumen pengolah angka Microsoft Excel.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet

Bekerja dengan program pengolah angka Microsoft Excel

· Meminta siswa untuk membuka dokumen minggu sebelumnya.

· Meminta siswa untuk membuka MENU FILE.

· Meminta siswa untuk memprak- tikkan submenu PRINT PREVIEW.

· Mencetak dokumen pengolah angka.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran

· Meminta siswa untuk memperbesar dan memperkecil tampilan print preview dengan mengeklik mouse.

· Meminta siswa mencoba melakukan pencetakan dokumen.

2.3. Mengolah dokumen dan menyajikan data pada pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi

Mengolah dan menyajikan data

· Memperagakan cara melakukan pemasukan (entry) data, sambil mengingatkan makna isi sel dan range.

· Menjelaskan arti jumlah (total) data dan memperagakan dalam lembar kerja.

· Menjelaskan cara menentukan total nilai tanpa memperhatikan definisi fungsi total dalam Microsoft Excel terlebih dahulu.

· Membuat data yang memuat angka-angka kuantitas.

· Memperagakan cara mengurutkan data dari besar ke kecil maupun sebaliknya.

· Menjelaskan cara mengurutkan data, dengan catatan ada kriteria yang ditentukan.

· Melakukan entry data dalam lembar kerja pengolah angka.

· Menentukan nilai total tanpa memandang fungsi yang ada dalam Microsoft Excel terlebih dahulu.

· Mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu.

Uraian, praktik, dan

penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet

Mengolah dan menyajikan data

· Menjelaskan data-data yang dapat disajikan dalam bentuk diagram atau grafik.

· Menjelaskan keuntungan data yang disajikan dalam bentuk grafik.

· Menjelaskan bagian-bagian grafik, misalnya nama grafik, sumbu-sumbu grafik, data marker, data label, legenda, dan lain-lainnya.

· Menyajikan data dalam bentuk diagram.

· Menyisipkan WordArt dan gambar dalam lembar kerja.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran

· Menjelaskan cara menyajikan data dalam bentuk diagram batang, langkah demi langkah.

· Menjelaskan cara menyajikan data dalam bentuk diagram garis, langkah demi langkah.

· Menjelaskan cara membuat WordArt, langkah demi langkah.

· Menjelaskan cara membuat gambar dan menyisipkannya dalam lembar kerja.

Mengolah dan menyajikan data

· Menjelaskan makna rumus, kemudian guru menerangkan cara membuat rumus, mislnya rumus jumlah, rumus rata- rata, rumus standar deviasi, dan lain-lain.

· Mempraktikkan cara membuat rumus dan memberikan penugasan. Salah satu siswa diminta menentukan rumus matematika (sembarang), misalnya rumus keliling lingkaran, siswa yang lain mengkritisi. Guru memberikan penilaian atas keaktifan siswa.

· Menjelaskan makna fungsi dan menjelaskan beberapa fungsi yang disediakan oleh Microsoft Excel.

· Menjelaskan cara menentukan nilai (misalnya nilai total dan nilai rata-rata) dengan menggunakan fungsi. Kemudian, hasilnya dibandingkan dengan cara menentukan nilai-nilai tersebut melalui pembuatan rumus.

· Menggunakan rumus dan fungsi dalam Microsoft Excel.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Pembelajaran

Mengolah dan menyajikan data

· Menjelaskan secara khusus mengenai fungsi logika dan memberikan beberapa penggunaannya.

· Menjelaskan cara menentukan keputusan melalui fungsi logika, misalnya tentang kelulusan, kenaikan, diterima atau tidaknya dalam kasus seleksi.

· Menentukan keputusan dengan memanfaatkan fungsi logika matematika.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet

Mengolah dan menyajikan data

· Meminta siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan penentuan keputusan dengan memanfaatkan fungsi logika yang terdapat dalam Microsoft Excel, misalnya fungsi IF, fungsi IF THEN … ELSE, fungsi AND, fungsi OR, dan lain- lain.

· Menentukan keputusan dengan memanfaatkan fungsi logika matematika.

Uraian, praktik, dan penugasan individu

2 x 45”

Buku TIK Jl. 2 Rudi H, dkk – Erlangga, Modul TIK, buku referensi lain, dan Internet

Kuningan, Juli 2011

Mengetahui:

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,

Drs. H. Agus Hakim, M.Pd. Atik Dhama Yosaniar, ST.

NIP. 19560429 197903 1 004 NIP. 19780708 200801 1 005

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *